Kelebihan Rib Cartilage

Sebagian besar orang Asia memiliki hidung yang pesek, kecil, retruded columella dan batang hidung datar. Pada kondisi ini, akan terjadi banyak komplikasi seperti infeksi, silikon bergeser, ekstrusi dan penebalan kulit jika menggunakan implan silikon atau goretex untuk memancungkan hidung.
Ditambah lagi, harapan pasien saat ini terus meningkat dan mereka menginginkan bedah kosmetik yang menyeluruh, bukan sekedar operasi hidung, agar mendapatkan hasil bentuk dan proporsi wajah yang seimbang.

Maka kebanyakan orang Asia membutuhkan operasi plastik yang menggunakan autologous cartilage, termasuk di dalamnya untuk memanjangkan tulang hidung, melancipkan ujung hidung, augmentasi dorsum dan mid face. Sedangkan septal cartilage bersifat lemah dan jumlahnya tidak terlalu banyak. Ear cartilage (tulang rawan pada telinga) juga bersifat lemah, jumlahnya sedikit dan bentuknya tidak sesuai dengan struktur nasal.

Maka dengan kondisi ini, rib cartilage merupakan pilihan bahan dasar terbaik dan efektif bagi rhinoplasty untuk hidung orang Asia, termasuk pada hidung yang pesek, mengalami kerusakan, terinfeksi dan kasus mid face retrusion. Karena jumlah rib cartilage yang cukup, kuat menopang struktur nasal dan aman berkat jaringan autologous.

Tren Terbaru Rib Cartilage Rhinoplasty

Rib cartile sempat menjadi bahan dasar dalam prosedur rhinoplasty yang diulang pada pasien-pasien yang berhidung pesek tapi karena prosesnya harus sering diulang dan infeksi, bahan dasar ini sudah jarang digunakan.

Saat ini rib cartile rhinoplasty dilakukan tidak hanya untuk meninggikan dorsum, memanjangkan hidung dan melancipkan ujung hidung, tapi juga untuk menciptakan proporsi wajah yang seimbang. Dengan rib cartilage rhinoplasty, tulang rahang yang menonjol dapat dikoreksi, tulang pipi yang besar dan rahang yang lebar juga dapat diperbaiki.

Sebelum & Sesudah / Rib Cartilage Rhinoplasty

Lebih Jauh Tentang Autologous Rib Cartilage

a.    Jumlah rib cartilage sangat banyak
Dalam tubuh manusia, ada 12 rib cartilage pada setiap sisi tulang rusuk. Rib cartilage nomor 6 sampai 10 digunakan dalam rhinoplasty sementara nomor 7 yang paling umum digunakan karena memiliki tingkat kekuatan paling tinggi. Karena itu pula bisa dimanfaatkan dalam berbagai tipe rhinoplasty.

b.   Luka parut minimum
Sayatan dibuat dibawah payudara maka bekas luka dapat diminimalisir. Bekas luka sayatan akan memudar dalam 6-12 bulan dan terletak pada lipatan bawah payudara sehingga tidak perlu khawatir bekas luka akan terlihat.

c.   Tingkat penyerapan sangat rendah
Jaringan autologous rib cartilage memiliki tingkat penyerapan yang sangat rendah bila dibandingkan dengan cadaver rib cartilage.

d.   Kebal terhadap infeksi
Autologous rib cartilage memiliki kekebalan terhadap infeksi sehingga dapat digunakan sebagai bahan dasar pada operasi plastik hidung yang pesek atau cacat. Khususnya, sangat baik digunakan pada hidung yang cacat karena infeksi atau rusak.

e.   Rib cartilage membutuhkan teknologi

khusus untuk menghindari terlekuk, asimetris, penyerapan dan untuk memanjangkan jaringan.
Pastikan Anda memilih dokter yang tepat dan berpengalaman. Jika penggunaan rib cartilage tidak ditangani oleh dokter terlatih maka resiko komplikasi semakin besar. Karena teknik penggunaan dan pemanfaatan rib cartilage pada struktur nasal memerlukan pengetahuan mendalam mengenai tubuh manusia.

Tentang Cadaver Rib Cartilage (Rib cartilage didonorkan)

Rib cartilage hasil pendonoran dapat dibeli oleh pasien yang merasa takut harus menjalani pengangkatan tulang rusuk dari dalam tubuh mereka. Namun terdapat banyak komplikasi yang mungkin terjadi untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Rib cartilage jenis ini dianjurkan juga bagi pasien yang mengalami luka/cidera dan tidak mampu menjalani operasi.

Komplikasi Penggunaan Cadaver Rib Cartilage

s1_3_5 (1)Resiko terkena infeksi tinggi. Bila infeksi sudah terjadi maka akan sulit disembuhkan dan dapat merusak nasal.

s1_3_6Seiring dengan waktu daya serap cartilage akan terus meningkat sampai akhirnya mencapai 100%.

s1_3_7Tidak bisa dibentuk dengan detail karena jaringan yang lemah

s1_3_8Mudah patah karena tidak elastis

s1_4_13Banyak terjadi pembentukan kapsul-kapsul karena bahan ini adalah benda asing bagi tubuh

s1_4_14Penyakit seperti hepatitis, HIW atau Creutzfeldt-Jakob dapat ditularkan. Karena alasan ini di beberapa negara cadaver rib cartilage ilegal digunakan untuk kepentingan medis dan bedah kosmetik.

Rib Cartilage Rhinoplasty Baik Dilakukan Pada

s1_3_5 (1)Hidung tertarik akibat infeksi dan tindak operasi berkali-kali

s1_3_6Hidung pendek/kecil

s1_3_7Retruded mid face

s1_3_8Mudah patah karena tidak elastis

s1_4_13Hidung pesek

s1_4_14Hidung yang pernah diinjeksi dengan bahan asing

s1_4_15Bibir suwing

s1_4_16Bentuk hidung rusak akibat kecelakaan atau pernah melakukan operasi beberapa kali

Sebelum & Sesudah / Rib Cartilage Rhinoplasty