Sebelum dan Sesudah / Revision Rhinoplasty

Pembentukan hidung yang tertarik akibat suntikan

Efek Samping Penggunaan Material Asing

Ketika implan asing seperti silikon dimasukkan ke dalam ujung nasal, kulit akan mengalami penebalan hingga kemudian muncul efek samping. Material yang berasal dari cartilage (tulang rawan) telinga juga menunjukkan kondisi yang sama bila dimasukkan ke ujung nasal.

Karena itu, saat cartilage struktural yang menyokong struktur ujung nasal menjadi semakin panjang dan besar, maka hidung akan tampak lebih natural. Prosedur seperti ini merupakan prosedur rhinoplasty autologous tissue konseptual yang baru.

Ujung Nasal Memerah

Silikon yang dimasukkan ke dalam ujung nasal dapat mengiritasi kulit sehingga mengakibatkan kemerahan dan sebaliknya, kulit menekan silikon sehingga silikon membuat kulit semakin teriritasi. Maka ujung nasal harus dikonstruksi menggunakan autologous cartilage yang bersumber dari nasal sendiri, sehingga meminimalisir keluhan dan tampak natural.

Kelainan bentuk Deviated Nose

Saat silikon yang dimasukkan ke dalam hidung membengkok, ini dikarenakan septal cartilage di dalam hidung berbentuk bengkok/miring (deviated) dan tidak mampu menopang struktur hidung. Jika silikon dimasukkan tanpa sebelumnya memperbaiki struktur tulang hidung yang bengkok, maka akan terbentuk silikon yang asimetris.

Maka sebelum melakukan rhinoplasty sebaiknya dicari tahu lebih dahulu apakah hidung mengalami septal deviation. Jika nasal septum bengkok, keadaan ini harus ditangani dulu untuk mendapatkan struktur hidung yang kokoh dan bentuk hidung yang lebih baik.

Sebelum dan Sesudah / Revision Rhinoplasty

Rahang mennjol akibat batang hidung datar

Ekstrusi Silikon

Silikon dimasukkan ke dalam ujung hidung yang ingin dirubah bentuknya. Saat ujung nasal diperkuat oleh silikon, kulit akan mengalami kemerahan.

Teknik operasi plastik autologous tissue konseptual yang baru ini dapat mencegah kondisi kemerahan dan menghasilkan bentuk hidung yang tampak alami.

Hidung Gemuk

Penggunaan AlloDerm tanpa sebelumnya mengubah struktur ujung hidung atau menggunakan cartilage tanpa mengukur lebarnya akan dapat membuat hidung terlihat gemuk/besar dan tidak memiliki ujung yang lancip. Maka untuk mendapatkan ujung hidung yang cantik, kulit harus bersifat tipis dan bentuk struktural cartilage harus berukuran kecil dan menonjol.

Untuk mendapatkan hasil seperti ini, operasi struktural hidung sebaiknya menerapkan teknik autologous tissue konseptual yang baru.

Hidung dengan Silicone Line

Ketika terjadi kontraksi akibat implan silikon, hidung menjadi naik dan nostril akan makin terlihat. Pada beberapa kasus serius, penting untuk mengukur dengan akurat panjang dan struktur, serta tinggi hidung menggunakan autologous tissue.

Sebelum dan Sesudah / Revision Rhinoplasty

Revisi hidung yang pendek dengan augmentasi batang hidung

Silicone Protrusion On The Tip

Umumnya, hidung yang bentuknya turun tidak dapat diperbaiki dengan menggunakan silikon pada batang dan ujung hidung, karena cartilage yang menopang ujung hidung lemah dan menekuk ke depan. Bagian depan ujung hidung harus didukung oleh autologous tissue untuk menaikkan ujung yang turun.

Nostril Asimetris

Septal cartilage yang terletak di tengah hidung berperan penting dalam membentuk nostril (lubang hidung) tampak simetris. Pada kasus nasal septal deviation atau septum bengkok akibat trauma, penting untuk mengobati nasal septal deviation lebih dahulu sebelum melakukan augmentasi pada hidung.

Rahang Mulut Menonjol Akibat Retrusi Mid Face

Banyak orang Asia yang memiliki dasar alar menekuk, sudut nasolabial sempit dan mulut yang menonjol. Bagi pemilik kondisi ini, augmentasi batang hidung saja tanpa memperbaiki bagian yang menekuk ke dalam saja dan sudut nasolabial yang sempit akan membuat hasil yang tidak alami. Akibatnya pasien harus menjalani operasi berkali-kali untuk memperbaiki kondisi ini. Karena itu, untuk kasus rahang mulut menonjol dengan sudut nasolabial, perlu didukung oleh struktur yang kuat dan pelebaran sudut nasolabial melalui VIP Noble Surgery.

Sebagai tambahan, saat meninggikan ujung hidung, mulut ditarik ke belakang, dagu lebih kecil sehingga membuat hasil yang lebih natural.

Hidung Retruded Columella

Columella adalah bagian hidung yang menopang diantara lubang hidung. Jika septal cartilage pendek, columella terlihat retruded (masuk ke dalam). Karena itu, penting untuk mencangkokkan cartilage diantara sudut nasolabial agar columella bisa lebih menonjol keluar.

Hidung Miring ke Kanan

Sudut ideal columella dari ujung hidung bukan 900 melainkan 300 – 450. Kondisi ini bisa didapatkan jika silikon atau cartilage ditempatkan ke depan pada hidung yang pendek. Kelainan bentuk akibat peradangan.

Jika terjadi infeksi pada implan silikon atau Gore-Tex, maka akan terjadi kontraksi dan hidung akan berubah bentuk. Semakin pendek hidung dan makin serius kerusakan yang terjadi, maka akan makin banyak autologous tissue yang harus digunakan untuk memperbaiki struktur hidung.

Efek Samping Suntikan

Ketika silikon disuntikkan ke dalam wajah termasuk di bagian hidung, untuk jangka waktu lama, skin akan memerah dan tumor tumbuh secara abnormal dan dapat terkena skin necrosis pada kasus serius. Mengeluarkan hasil suntikan ilegal merupakan jenis perawatan yang paling sulit.

Sebelum dan Sesudah / Revision Rhinoplasty

Tonjolan silikon di ujung hidung

Penyebab Peningkatan dari Operasi Berulang

s1_7_15Rhinoplasty sudah populer sejak tahun 60-70 an. Jenis operasi ini adalah operasi plastik paling diminati setelah operasi kelopak mata. Pada awalnya, spesialis non-medis yang tidak berkualifikasi menyuntikkan silikon, parafin atau Vaseline yang akibatnya merusak jaringan nasal dan memunculkan granuloma

Kondisi ini biasanya akan muncul setelah beberapa tahun yang menyebabkan korban harus melakukan operasi berulang.

s1_7_16Alasan lain silikon umum digunakan pada rhinoplasty adalah karena sejak 1980-an implan silikon digunakan dengan memasukkan ke dalam ujung nasal. Penanaman implan seperti ini dapat menyebabkan peradangan, silikon menonjol keluar, perubahan bentuk dan penipisan kulit.

Semua masalah ini semakin diperhatikan yang menyebakan peningkatan kebutuhan akan operasi berulang.

s1_7_17Belakangan AlloDerm digunakan pada beberapa kasus operasi ujung nasal. Namun kulit manusia tidak cukup kuat dalam menaham AlloDerm dan tidak dapat membuat segala macam bentuk sekaligus menjaga struktur.

Akibatnya, banyak kasus operasi berulang ditemukan karena ujung nasal menjadi bulat karena penggunaan AlloDerm. Tapi AlloDerm memberi hasil efektif bila digunakan untuk menebalkan kulit.

s1_7_18Pada banyak kasus hidung orang Asia, struktur tidak terbentuk dengan sempurna dengan rasio dan sudut yang ganjil. Pada banyak kasus, struktur yang dimiliki juga lemah. Pada kondisi ini, prosedur yang ada hanya memasukkan implan pada struktur yang rata, bukannya membentuk struktur yang benar atau menguatkan struktur yang lemah. Metode pasif ini (metode kamuflase), bahkan setelah operasi selesai, masalah struktural akan tetap ada. Karena ini juga, muncul kontraksi (luka parut di dalam hidung) dan perubahan bentuk struktur. Karena itu operasi dengan metode pasif ini akan berujung pada operasi yang berulang.

s1_7_19Untuk mengevaluasi hidung setelah dilakukan operasi, perlu menunggu beberapa lama karena jaringan pada hidung perlu waktu untuk tumbuh dan matang. Sudah biasa jika pasien akan terburu-buru mengambil keputusan untuk melakukan operasi berulang dan akibatnya melahirkan masalah. Karena banyak pasien seperti ini maka jumlah operasi berulang juga meningkat.