Rhinoplasty umum menggunakan implan-implan asing seperti silikon pada batang hidung dan tulang rawan telinga/septal pada ujung hidung. Sebagian besar pasien dan juga dokter memahami arti rhinoplasty yaitu memasukkan implan ke dalam area dorsal untuk memancungkan hidung yang pesek.

Namun metode rhinoplasty tidak dapat memperbaiki mid face retrusion (pangkal hidung datar) dan tulang rahang menonjol. Juga, hasil akhirnya tidak dapat seimbang secara alami dengan keseluruhan bentuk wajah. Sehingga ada keterbatasan dalam memperbaiki mid face retrusion, tulang rahang menonjol, dagu mungil dan tulang pipi menonjol.

VIP menganjurkan penerapan teknik terbaru bernama Harmony Rhinoplasty (Rhinoplasty Selaras); agar tercapai keseimbangan menyeluruh pada bentuk wajah dengan rhinoplasty artistik. Metode ini akan memperbaiki bentuk tulang rahang yang menonjol dan hidung yang seimbang, mulut dan dagu, serta juga membuat dagu yang terlalu besar menjadi lebih kecil.

Metode Rhinoplasty Selaras diterapkan dengan penggunaan rib cartilage pada hidung yang datar dan pesek/retracted columella sehingga menjadi mancung karena material ini sangat kuat dalam menopang hidung dan ketersediannya sangat banyak.

Jaringan Autologous memiliki resiko terkena infeksi sangat rendah dibandingkan material asing lainnya.

Kelebihan Harmony Rhinoplasty

s1_3_5Kemungkinan terkena infeksi sangat rendah karena penggunaan autologous rib cartilage.

s1_3_6Tulang rawan menonjol dapat diperbaiki dan bentuk wajah secara keseluruhan akan seimbang berkat rhinoplasty dan mid face augmentation.

s1_3_7Seluruh area mid face termasuk batang hidung yang datar akan ditinggikan/dimancungkan sehingga tulang pipi tampak lebih kecil.

s1_3_8Tipikal wajah Asia seperti retruded mid face dan tulang wajah menonjol dapat diperbaiki tanpa melalui operasi besar seperti two jaw surgery.

Sebelum & Sesudah/Bedah Wajah Harmony

Dua rahang operasi vs Harmony Rhinoplasty

Two jaw surgery cukup dikenal di kalangan penduduk Asia untuk memperbaiki tulang rahang menonjol dan batang hidung yang datar. Operasi tergolong besar ini akan mengubah struktur rahang atas dan bawah atau mereduksi geraham dengan mencabut 4 buah gigi.

Namun, operasi jenis ini hanya diperuntukkan bagi seseorang dengan kondisi rahang yang parah atau ketidaksejajaran gigi yang disebut malocclusion. Untuk menjalani operasi ini, pasien sebelumnya harus melakukan perawatan orthodontic selama 1-2 tahun. Pasien juga akan mengalami kehilang darah cukup banyak selama operasi dan obstructive sleep apnea (masalah tidur) dapat juga terjadi sebagai salah satu resiko dari tindakan operasi ini.

Society for Aesthetic Plastic Surgery memberi perhatian besar pada rib cartilage harmony rhinoplasty karena dapat menghindari resiko gigi dicabut serta di waktu bersamaan dapat memperbaiki batang hidung datar sehingga masalah bentuk hidung dapat diatasi.

Sebelum & Sesudah/Bedah Wajah Harmony