Gynecomastia

Pada masa remaja, pria dapat memiliki payudara karena adiposity atau perkembangan berlebih dari jaringan mammary. Gejala dapat tampak saat masa remaja atau setelahnya. Meski banyak dialami pria, tapi dapat menyebabkan penyimpangan perilaku di masa usia sensitif, mendatangkan masalah kehidupan sosial yang sulit.

Tidak ada data pasti di Korea tapi data dari luar negeri menunjukkan jika pria menderita gynecomastia berjumlah 1 per 10.000 populasi.

Baik pria maupun wanita mempunyai payudara sejak lahir. Pada wanita, payudara seperti mammary gland dan saluran lactiferous dikembangkan oleh estoreogen selama masa remaja. Pada pria, payudara dapat berkembang seperti wanita yang dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Gynecomastia muncul sebagai salah satu penyakit endokrin. Maka penting untuk memastikan ada atau tidaknya anomali di sistem endokrin. Gejala bersifat sementara pada masa remaja yang dipengaruhi hormon.

Payudara dapat berkembang diikuti rasa sakit akibat perubahan hormonal yang cepat pada remaja pria. Setelah masa pertumbuhan dan hormon diseimbangkan, gejala akan hilang sebelum berusia 21 tahun. Pasien dianjurkan menjalani operasi setelah melewati masa remaja. Gynecomasti yang tidak berhubungan dengan penyakit endokrin atau perubahan hormonal yang cepat harus berkonsultasi dulu dengan dokter bedah dan menjalani operasi.

Metode Operasidan perawatan