Struktur Mata

Struktur mata terdiri dari lipatan kelopak mata atas dan bawah dan ruang diantara tepi limbus kedua lipatan kelopak mata.
Lipatan kelopak mata atas terbentuk dari lemak subcutaneous, otot orbicularis oculi, lemak orbital, otot levator palpebrae superioris, otot Muller dan kornea. Setiap komponen memiliki peran semestinya dan penting serta karakteristik berbeda-beda bergantung pada ras, usia dan jenis kelamin.
Karena itu, bedah lipatan kelopak mata atas dapat memberikan hasil yang efektif jika ada pemahaman yang baik mengenai karakteristik anatomis dan fungsi fisiologis dari tiap-tiap komponen.

Mengapa Saya Tidak Memiliki Lipatan Kelopak Mata Ganda?

Bedah kelopak mata ganda adalah bedah estetik yang paling banyak dilakukan di kawasan Asia, karena 40-60% pasien berasa dari ras Asia dan setengah dari jumlah tersebut tidak memiliki kelopak mata ganda.

Kelopak Mata Asia Kelopak Mata Kaukasia

Sisi kiri adalah diagram perbandingan kelopak mata Asia yang tanpa kelopak mata ganda dan sisi kanan adalah diagram kelopak mata ras Kaukasia dengan kelopak mata ganda. Pada bangsa barat, lemak preseptal tidak terletak di bawah dan ada pengeluaran dari adhesi otot levator, kulit dan orbital septum dalam tarsus yang jumlahnya cukup besar.Sisi kiri adalah diagram perbandingan kelopak mata Asia yang tanpa kelopak mata ganda dan sisi kanan adalah diagram kelopak mata ras Kaukasia dengan kelopak mata ganda. Pada bangsa barat, lemak preseptal tidak terletak di bawah dan ada pengeluaran dari adhesi otot levator, kulit dan orbital septum dalam tarsus yang jumlahnya cukup besar.

Perbedaan AnatomisKelopak mata AsiaKelopak mata Kaukasia
Lokasi lemak di tarsusPada tarsus, pada septumPada septum
Lokasi septum dan otot levator yang samaMenurun ke bawah tarsusBagian atas tarsus
Tinggi tarsus6,5 – 8,0 mm9 – 10 mm
Permulaan lipatan medial menutupMedial canthusLipatan mata medial
Lipatan mata menutup50%100%

Struktur Mata

Tanpa pisau bedah, metode suture (non-insisi) berguna untuk memperbaiki lipatan mata. Tujuannya untuk menyatukan otot levator dan kulit kelopak mata dengan beberapa jahitan, tanpa pembedahan. Ikatan benang disembunyikan dengan kokoh di dalam garis lipatan mata yang diinginkan agar tidak terlepas. Metode yang disebut dengan “bedah kilat kelopak mata ganda” (20 menit) tanpa pembengkakan ini populer di kalangan pekerja kantoran. Bedah ini cocok diterapkan pada mata yang mempunyai lipatan tebal dan sedikit lemak atau otot.

Tipe-tipe Suture

Tipe ini menggunakan 1 suture (benang/jahitan) yang diikat dan simasukkan ke dalam otot sehingga beberapa suture yang diurutkan dapat membentuk lipatan mata.

Dilakukan dengan penggunaan suture yang diikat pada 2 atau 3 tempat di dalam kulit untuk membentuk lipatan, tipe ini cocok bagi kulit dan otot yang tipis. Beberapa pasien yang pernah menjalani bedah tipe ini menyatakan jika lipatan mata hasil bedah menghilang setelah beberapa waktu, tapi dokter bedah berpengalaman dan dengan teknik yang lebih maju dapat menghindari terjadinya resiko seperti ini.

Semi-insisi

Merupakan metode yang kompleks yang memadukan suture dan insisi (sayatan) untuk melengkapi kelemahan 2 metode. Pada metode insisi, dilakukan pembedahan di keseluruhan kelopak mata, sedangkan pada metode Semi-insisi hanya beberapa bagian kelopak mata yang dibedah dan dipasangkan suture. Hasil operasi lebih tahan lama dan bekas luka operasi dapat segera hilang. Pembengkakan setelah operasi akan berlangsung selama 5 hari, metode ini populer di kalangan wanita muda.

Struktur Mata

Tanpa pisau bedah, metode suture (non-insisi) berguna untuk memperbaiki lipatan mata. Tujuannya untuk menyatukan otot levator dan kulit kelopak mata dengan beberapa jahitan, tanpa pembedahan. Ikatan benang disembunyikan dengan kokoh di dalam garis lipatan mata yang diinginkan agar tidak terlepas. Metode yang disebut dengan “bedah kilat kelopak mata ganda” (20 menit) tanpa pembengkakan ini populer di kalangan pekerja kantoran. Bedah ini cocok diterapkan pada mata yang mempunyai lipatan tebal dan sedikit lemak atau otot.

Perbandingan Metode Bedah

ItemSutureSemi-insisi

Insisi

KarakteristikPembengkakan hanya sedikit sehingga pasien dapat kembali hidup normal. Tidak ada bekal luka membuat kelopak mata terlihat alamiDiterapkan jika ingin menggunakan metode insisi tapi sebenarnya tidak cocokCocok diterapkan pada kulit yang tebal dan berlemak, kulit yang turun perlu diambil, blepharoplasty dan ingin memiliki mata yang lebih besar
Lama operasi20-30 menit30-40 menit40-90 menit
Pembengkakan pasca operasi★ ★★ ★ ★
Luka parut★ ★
Hasil memudarBergantung pada kondisi kelopak mata tapi relatif sedikitJarang terjadiJarang terjadi

Sebelum operasi, desain lipatan mata dan metode bedah harus diputuskan berdasarkan tipe lipatan mata yang paling sesuai dan kondisi mata. Jika pembedahan dilakukan hanya berdasarkan bentuk mata tanpa mempertimbangkan keseimbangan secara keseluruhan, maka hasilnya mata akan tampak tidak seimbang dengan keseluruhan wajah. Pada banyak kasus, ada sedikit perbedaan pada posisi, ukuran dan bentuk antara kedua mata dan keseluruhan bentuk wajah juga berbeda antara sisi kanan dan sisi kiri. Karena itu penting sekali untuk melakukan observasi sebelum pembedahan.
Ketebalan kelopak mata, jumlah otot dan lemak serta kekuatan suture harus diukur dengan tepat dan hasil lipatan mata yang diinginkan harus sesuai dengan hasil pengukuran ini. Sehingga hasilnya, lipatan mata akan tampak alami. Saat berkonsultasi dengan dokter bedah, contoh hasil lipatan mata akan digambar lebih dahulu dan pasien dapat melihatnya di cermin. Maka bentuk dan tinggi lipatan mata yang paling sesuai dapat dipilih.

Lipatan Mata Infold

Capture1Pangkal lipatan mata terletak di dalam medial canthus, umumnya dimiliki oleh orang Asia yang kemudian mengembangkan Mongolian fold (epicanthal fold).

Lipatan Mata Outfold

 Capture2  Pangkal lipatan mata terletak diluar medial canthus, umumnya dimiliki ras Kaukasia dan pada beberapa orang Asia yang tidak mempunyai Mongolian fold (epicanthal fold). Lipatan mata outfold membuat mata terlihat lebih cantik dan elegan, sehingga cocok bagi mata, hidung dan mulut yang tegas.

Prinsip dasar dari kelopak mata ganda adalah fascia (tendon) dari otot levator palpebrae (otot pembuka kelopak mata) terhubung dengan kulit di garis lipatan mata, sehingga ketika membuka mata kulit yang terhubung ini akan tertarik dan menghasil lipatan pada kulit.

Di sisi lain, kelopak mata tunggal tidak memiliki keterhubungan ini sehingga saat mata membuka, tidak terjadi lipatan pada kulit dan menutupi bulu mata dan bagian atas pupil.

Bedah kelopak mata ganda bertujuan membuat hubungan artifisial antara kulit dan otot levator di bagian yang diinginkan.
Karena adanya lemak orbital dan jaringan lainnya di otot levator,
maka penting untuk memanipulasi jaringan-jaringan ini selama pembedahan.

Karena itu, metode suture yang simpel tersedia bagi mata
dengan lipatan yang tipis dan sedikit lemak, tapi lipatan mata yang tebal dan berlemak membutuhkan teknik semi-insisi atau insisi yang lebih kompleks

.